Sertifikasi ISO 37001: Tujuan dan Keuntungan

Praktik suap saat ini menjadi isu yang berulang kali diangkat menjadi berita di Indonesia. Korupsi dan suap adalah topik lumrah yang dapat disaksikan setiap hari. Bukan cuma di negara ini, tetapi juga di seluruh dunia, sehingga ISO menerbitkan ISO 37001.

 

Hal itu disebabkan karena masalah suap menjadi isu global yang sangat kompleks dan merusak moral. Selain itu, upaya memerangi kasus ini di skala nasional dan internasional pun kebanyakan tidak berhasil.

 

Tujuan Sertifikasi ISO 37001

Pada tanggal 15 Oktober 2016, sertifikasi ini pun diterbitkan. Sertifikasi ISO 37001 disebut juga sebagai standar dalam menjalankan Sistem Manajemen Anti-Suap. Tujuannya tidak lain adalah untuk membantu menerapkan, menetapkan, dan memelihara serta meningkatkan program anti-suap.

 

Pendekatan dalam sistem manajemen ini berbasis risiko. Ini berarti perusahaan dapat memegang keputusan mengenai pihak ke tiga dan mitra, dengan sebelumnya mengerti bagaimana pengelolaan risiko yang bisa jadi muncul ketika kerja sama terjalin.

 

Standar ini juga menjadi alat fleksibel, cocok untuk berbagai skala organisasi, mulai dari terkecil hingga terbesar, baik di sektor swasta, publik, maupun non-profit. Karenanya, perusahaan atau organisasi dapat menyesuaikan sendiri berdasarkan sifat dan ukuran instansi.

 

Perlu diingat pula bahwa setelah disertifikasi, perusahaan tidak mendapat jaminan akan bersih dari kasus suap. Namun, ada sikap patuh terhadap standar pada sistem manajemen ini, sehingga pencegahan tindakan suap dapat dilaksanakan dengan langkah yang tepat.

 

Keuntungan Implementasi ISO 37001

Sertifikasi ini dirancang khusus untuk permasalahan korupsi dan suap yang kerap terjadi di suatu lembaga. Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan organisasi agar tindak suap dan korupsi dapat dideteksi, dicegah, sekaligus ditangani sedini mungkin.

 

Di samping itu, perusahaan yang memiliki sertifikasi ini juga akan mendapatkan bimbingan dalam melaksanakan langkah-langkah tersebut selama perusahaan beroperasi. Keuntungan lain dari implementasi sertifikasi ISO 37001 adalah sebagai berikut.

  • Membantu terbentuknya penerapan sistem manajemen anti-suap, serta meningkatkan kualitas pengendalian;
  • Membantu dalam pemberian jaminan kepada pemilik dan pihak manajemen organisasi, pelanggan, mitra bisnis, dan penyandang dana, bahwa perusahaan sudah menerapkan praktik kendali anti-suap yang diakui dalam skala global;
  • Membantu dalam pemberian bukti saat melaksanakan penyelidikan kepada pihak pengadilan atau jaksa, bahwa perusahaan sudah terlebih dahulu memutuskan untuk mencegah tindak penyuapan terjadi.

 

 

 

Penerapan ISO 37001 sebenarnya bukan lagi sebuah pilihan, tetapi keharusan dan kebutuhan. Artinya, pimpinan puncak perusahaan Anda harus menjamin bahwa operasional dapat terus berlangsung. Karena itu, Anda bisa menghubungi kami untuk mengurus sertifikasi ini.

+6281220205576